Membangun Merk yang Kuat Dengan Brand Equity
jasa pembuatan website di jakarta pusat - Kamu ingin membuat merk yang kuat, Kamu harus memiliki brand equity yang kuat juga. Apakah itu Brand Equity? Philip Kotler dan Keller mendeskripsikan brand equity jadi beberapa aset yang berhubungan dengan merk, nama, dan lambang, yang bisa memengaruhi nilai sebuah product dan memberi manfaat untuk pelanggan.
Ekuitas merk yaitu nilai lebih yang didapatkan pada product dan jasa. Nilai ini dapat dicerminkan dalam cara customer berfikir, merasa, dan melakukan tindakan pada merk, harga, dan keuntunganabilitas yang dipunyai perusahaan. Ini melukiskan peranan merk yg tidak cuma untuk representasi dari product yang dipunyai, tapi harus juga dapat berperan untuk membuat nilai untuk pelanggan.
Brand equity yang kuat juga akan memberi value, baik pada pelanggan ataupun pada perusahaan. Manfaat brand equity untuk pelanggan yaitu untuk memberi kepercayaan pelanggan pada merk, tingkatkan kepercayaan pelanggan dalam ketentuan pembelian, dan tingkatkan kenikmatan mereka dalam memakai product atau jasa.
Manfaat brand equity untuk perusahaan yaitu untuk tingkatkan efisiensi dan efektivitas program pemasaran perusahaan, tingkatkan kesetiaan pada merk, tingkatkan harga keuntungan, tingkatkan kelebihan berkompetisi. Brand equity yang kuat semakin lebih mudah dalam mendongkrak product atau unit beda dari perusahaan.
Apa Saja Elemen-elemen yang Membuat Brand Equity?
Brand Awareness/Kesadaran atas merek
David Aaker dalam bukunya Managing Brand Equity mendeskripsikan kalau kesadaran atas merk adalah kekuatan dari pelanggan mungkin untuk mengetahui atau mengingat kalau suatu merk termasuk dalam kelompok product tertentu.
Brand Awareness memberi banyak value, diantaranya memberi asosiasi pada merk, mengenalkan merk, adalah tanda untuk sebuah kehadiran, prinsip dan substansi merk, dan menolong memilih sekumpulan merk untuk diperhitungkan dengan serius. Tingkatan dari brand awareness yaitu Unware of brand, Brand recognition, brand recall, top of mind.
Brand Association/Asosiasi merek
Brand Association adalah semua suatu hal yang tersambung di memori pelanggan. Brand association memberi banyak value, diantaranya mempermudah pelangggan memperoleh info mengenai merk, memengaruhi interpretasi pelanggan atas kenyataan tentang merk, membedakan merk dari merk kompetitor, menguatkan tempat merk dipasar.
Ada cara-cara membuat brand association yakni mengasosiasikan merk dengan atribut atau karakter product, contoh pepsoden whitening diasumsikan dengan pasta gigi dapat memutihkan gigi. Mengasosiasikan merk dengan yg tidak berwujud, contoh oskadon diasumsikan jadi obat sakit kepala segera kepusatnya.
Brand Loyalty/Kesetiaan Merek
Brand Loyalty adalah ukuran ketertarikan pelanggan pada suatu merk. Tingkat ketertarikan pelanggan pada suatu merk dapat terdiri dari 4 tingkatan, yakni : a) Switcher/price sensitive : Pada tingkat ini pelanggan tidak setia pada merk atau belum juga memiliki brand equity yang kuat.
Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat
Setiap merk dipersepsikan memberi kenikmatan yang nyaris sama. b) Satisfied/habitual buyer : Pada tingkat ini pelanggan merasa senang pada product atau paling tidak tidak merasa tidak senang pada product perusahaan. c) Satisfied buyer with switching biaya : Pada tingkat ini pelanggan merasa senang pada product. Mereka harus keluarkan biaya tertentu jika ingin beralih merk. d) Commited buyer : Pada tingkat ini pelanggan memiliki rasa bangga memakai product yang di tawarkan perusahaan mereka mereferensikan merk yang sama pada orang yang lain. Merk product memiliki brand equity yang kuat dimata pelanggan.
Brand Identity/Jati diri Merek
Brand Idenity yaitu elemen visual yang merepresentasikan seperti apa sebuah perusahaan atau institusi terlihat, dan bagaimana sebuah perusahaan memperlihatkan citranya di dalam orang-orang. Brand Identity sebuah perusahaan dapat diliat dari logonya yang unik. Logo ini akan terlihat dalam semua elemen perusahaan dari mulai kartu nama, piranti surat-menyurat (stationery), paket, iklan di media, promosi.
Brand Identity yang tepat juga akan jadi salah satu alat jual yang kuat untuk perusahaan. Jati diri sebuah perusahaan atau merk juga jadi manifestasi aktual dari kenyataan perusahaan atau merk seperti yang di sampaikan melalui nama perusahaan, logo, slogan, product, layanan, bangunan, alat-alat catat, seragam dan beberapa barang bukti riil yang di ciptakan oleh organisasi itu dan dikomunikasikan pada bermacam konstituen.
Atribut Perceived Quality/Kwalitas yang Diterima
Adalah persepsi pelanggan pada kwalitas atau kelebihan suatu product atau jasa. Percevied quality memberi banyak value, diantaranya memberi alasan pelanggan untuk memakai product barang atau jasa, makin baik persepsi pelanggan maka makin tinggi potensi pelanggan untuk memakai product dan membedakan product barang atau jasa dengan product pelanggan.
Sekian artikel mengenai membuat merk yang kuat dengan brand equity. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna dan menaikkan rujukan Kamu dalam pelajari ekuitas merk dan unsur-unsur terutama yang berada di dalamnya.
ABOUT THE AUTHOR
A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.
0 komentar:
Posting Komentar