BAGAIMANA CARA MEMBUAT WEBSITE

Image result for 6 Tips Membuat Website untuk Pemula

jasa pembuatan website profesional - Artikel/tutorial berikut ini yaitu untuk pemula atau orang yang baru belajar mengenai website. Artikel ini tidak ditujukkan pada webmaster/webdesigner/webdeveloper yang telah memiliki pengalaman dan telah pakar pada bagian website dan webdesign.

Di sini saya juga akan coba sharing tips dan trick pada rekan-rekan untuk pembuatan website. Cara/langkah berikut adalah cara menurut saya sesuai pengalaman. Cekidot gan!!

1. PERSIAPKAN DOMAIN NAME 

Apakah itu domain name? domain name yaitu nama unik atau alamat yang didapatkan untuk mengidentifikasi server. domain name juga sering dikatakan sebagai URL atau alamat website. Contoh domain name yaitu ‘sdfgsheshse.com‘. Anjuran untuk penentuan domain name :
  • Cocokkan nama domain dengan website yang juga akan kamu buat. Contoh yang salah : nama domain misalnnya gwbolabanget. com, isi website mengulas pilpres dan politik (ini gak nyambung banget, jadi janganlah ditiru) 
  • Pilihlah domain yang mudah diingat 
  • Pilih nama domain yang menarik 
  • dan lain2 
Terdapat beberapa sekali website penyedia jasa domain name yang menyebar di internet. Kamu dapat pilih salah satu. Setelah memastikan domain name, saat ini kita buat persiapan hostingnya.

2. WEB HOSTING 

Apakah itu Situs Hosting? Situs hosting dalam bhs simpel yaitu tempat untuk menaruh isi/file dari website. File dapat berupa script, gambar, audio, video dan lain-lain. Situs Hosting Provider pun banyak juga ada di internet. Kamu dapat cocokkan periode waktu dan besar space hosting sesuai sama kepentingan kamu. Bila kamu tetap dalam step belajar dan beberapa cobalah, saya anjurkan pakai gratis dahulu saja. Dapat search di google dengan kata kunci (keyword) : “Free situs hosting” atau “Web Hosting Free” atau “Web Hosting Gratis”

3. WEB BUILDER 

Situs Builder di sini yaitu alat/tool yang juga akan kita pakai dalam membuat website. Jadi alternatif kita dapat memakai CMS open source yang ada seperti wordpress, joomla, magento dan lain-lain. Pemakaian semasing CMS bergantung dari type website yang juga akan di buat. Terkecuali mudah dipahami dengan UI (User Interface), kamu juga tidaklah perlu mengerti mengenai bhs pemrograman (untuk pemula). Ingat, semasing CMS memiliki keunggulan dan kekurangan semasing. Manfaatkanlah sesuai sama kepentingan kamu. Pada setiap CMS juga akan terdapat backend (administrator ruang) dan frontend (ruang yang juga akan diliat pengunjung website). Pada backend berikut kamu dapat beberapa ubah kontent website seenak kamu.

Alamat telah ada, hosting telah siap, situs builder telah oke saat ini saatnya memastikan design untuk frontend website

4. WEB DESIGN 

Bagian ini yaitu bagian yang paling seru karena kita juga akan memastikan design apa yang juga akan kita pakai pada website kita. Design website sangat mempengaruhi traffic pada website.
Bila kamu memakai CMS Open Source pasti themes gratis nya akan tersedia banyak di internet. Cocokkan themes dengan calon pengunjung website. Contoh bila website bertopik ‘Remaja’ pilih warna yang ramai di bagian header, untuk mencirikan suatu hal yang berani dan semangat. Gunakalah beberapa warna seperti merah kuning hijau dan lain-lain. Pokoknya agar semangat hehehe!!! Janganlah lupa meletakkan slideshow pada halaman depan/homepage website. Janganlah lupa juga berikan logo pada website kamu. Letakkan logo di bagian header agar mudah diliat dan diingat.

Responsive Situs Design di sini yaitu design situs yang sesuaikan besar layar pengunjung. Bila di buka melalui HP/mobile, tablet, laptop, pc dan lain-lain themes website kamu juga akan terlihat senantiasa bagus. Jadi pengunjung tidaklah perlu jadi besar/zoom karena akan tidak ada tulisan yang terlalu kecil untuk di baca.

Lihat juga : jasa pembuatan website di papua

Bila saya umpamanya pembuatan website sangat serupa dengan pembuatan rumah. Pikirkan rumah yaitu website, tanah tempat membuat rumah yaitu hosting, alamat rumah yaitu domain, dan design rumah sama juga dengan situs design. Analogi simpel sesuai sama itu semakin lebih mempermudah kamu dalam tahu dan mengerti mengenai website dan situs design.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar