Mengenal Seorang Safety Officer: Tugas Dan Seragamnnya Di Lapangan

Related image

sepatu safety - Kesehatan dan keselamatan kerja ditata dalam sebuah standard yang dimaksud system manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Dalam sebuah perusahaan, biasanya terdapat satu bagian yang meyakinkan standard itu diimplementasikan, yakni bagian kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan. Di bagian ini terdapat personel yang dikatakan sebagai occupational health and safety officer atau umum dikatakan sebagai safety officer.

DEFINISI

Safety officer yaitu sebuah profesi yang ditangani oleh seseorang profesional dengan latar pendidikan tertentu. Dengan simpel, maksud intinya yaitu meyakinkan kalau beberapa pekerja berada dalam lingkungan kerja yang aman dan sehat. Diluar itu, maksud utama yang lain yaitu mengidentifikasi dan meminimalisir resiko bahaya (hazard) yang mungkin muncul didalam lingkungan pekerjaan.

Seseorang safety officer memiliki tanggung jawab melakukan rencana dan melakukan program berkaitan kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja. Hal semacam ini termasuk juga program kompensasi untuk pekerja. Diluar itu, seseorang safety officer dapat juga jadi konsultan dengan memberi jalan keluar berbasiskan ketrampilan pada problem keselamatan dan kesehatan kerja.

Seseorang safety officer dapat bekerja dari dalam ruangan ataupun di lapangan. Saat berada di lapangan, yaitu hal yang umum apabila seragam safety officer berlainan dengan personel beda. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar ia bisa dengan mudah dikenali.

TUGAS SEORANG SAFETY OFFICER

Detil pekerjaan, tanggung jawab, dan gambaran pekerjaan seseorang safety officer dapat berlainan pada satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Meski begitu, inti pekerjaannya yaitu berencana, melakukan, dan mengevaluasi program kesehatan dan keselamatan kerja. Dengan lebih terinci, tugas-tugasnya yaitu seperti berikut :

  1. Mengidentifikasi dan memetakan potensi bahaya yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Hal semacam ini termasuk buat tingkatan efek dari bahaya (impact) dan peluang terjadinya bahaya itu (probability) 
  2. Membuat gagasan program keselamatan dan kesehatan kerja yang mencakup usaha preventif dan usaha korektif. Usaha preventif mempunyai tujuan untuk kurangi terjadinya bahaya atau kecelakaan di lingkungan kerja. Usaha korektif mempunyai tujuan untuk menanggulangi kecelakaan yang terjadi di lingkungan kerja. 
  3. Buat dan pelihara dokumen berkaitan kesehatan dan keselamatan kerja. Dokumentasi yang baik termasuk aspek penting dalam menghindar dan menanggulangi bahaya. Hal semacam ini termasuk membuat prosedur baku dan pelihara borang atau catatan berkaitan kesehatan dan keselamatan kerja. 
  4. Mengevaluasi insiden kecelakaan yang mungkin terjadi, dan menganalisis akar problem termasuk aksi preventif dan korektif yang di ambil. Safety officer bertugas untuk memonitor efektivitas program yang jalan dan berencana perubahan atau perbaikan program dengan berkaitan. Hal semacam ini termasuk mengelola laporan yang diperlukan untuk manajemen perusahaan. 
  5. Seseorang safety officer adalah penghubung pada regulasi pemerintah dan kebijakan perusahaan. Dia harus meyakinkan kalau kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah setempat dipenuhi oleh perusahaan. 

PERSYARATAN MENJADI SEORANG SAFETY OFFICER

Seseorang safety officer harus memiliki latar pendidikan yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Pendidikan yang terkait dengan adanya ini biasanya sama dengan sarjana di bagian tehnik industri atau kesehatan orang-orang. Semakin lebih baik apabila ia memiliki sertifikat yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

SERAGAM SAFETY OFFICER DI LAPANGAN

Safety officer juga ikut melakukan pengawasan pada kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja dengan segera. Sesungguhnya, tak ada regulasi ataupun standard yang mewajibkan kekhususan seragam safety officer. Walau demikian, biasanya ada rompi dan helm khusus yang dipakai. Warna merah adalah warna yang sering dipakai untuk helm safety officer.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar